Connect with us

Headline

Hakim Tidak Terima Praperadilan Ratih Retnowati

Published

on

Sidang anggota DPRD dalam kasus dugaaan korupsi Jasmas

SURABAYA – Upaya Ratih Retnowati tersangka anggota DPRD dalam kasus dugaan korupsi Jasmas melalui Praperadilan untuk lolos dari jeratan hukum kandas. Pasalnya, hakim menyatakan tidak dapat menerima dalil-dalil gugatan pemohon (Ratih Retnowati).

Dalam amar putusan yang dibacakan hakim Eko Agus Siswanto, menyatakan tidak dapat menerima dalil gugatan pemohon yang meminta Pengadilan menyatakan Sprindik Kajari Tanjung Perak tidak sah karena para pemohon tidak menerima SPDP.

Atas dalil tersebut, melalui amar putusannya, hakim Praperadilan menyatakan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya tidak berewenang untuk menguji putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 130 Tahun 2015. Hal tersebut dipertegas melalui Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 4 Tahun 2016 Bab II, Pasal 2 tentang objek praperadilan.

“Mengadili, menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima dan mengabulkan eksepsi termohon (Kajari Tanjung Perak),” ucap hakim praperadilan, Eko Agus Siswanto membacakan amar putusannya di ruang sidang Tirta 1, PN Surabaya, Senin (23/9/2019).

Menanggapi putusan tersebut, kuasa hukum Ratih Retnowati mengaku menghormati putusan hakim meski semua dalil gugatannya tidak disentuh dalam amar putusan.

“Kami kuasa hukum pemohon tetap menghormati putusan ini. Gugatan kami bukan ditolak tapi tidak diterima karena alasannya hakim tidak punya kewenangan,” ujar Bahrul Ulum Selo Pamungkas saat dikonfirmasi usai persidangan.

Sementara, Kepala seksi pidana khusus (Kasipidsus) Kejari Tanjung Perak, Dimaz Atmadi mengatakan, pihaknya akan kembali fokus pada penyelesaian berkas perkara.

“Kami fokus untuk melengkapi berkas perkara,” ujar Dimaz kepada awak media usai persidangan.

Dimaz juga mengatakan, jaksa peneliti masih mempelajari berkas tersebut. Apakah sudah lengkap atau masih ada kekurangan. Jika dianggap kurang, maka jaksa meminta penyidik melengkapi berkas.

Namun, jika dianggap lengkap, maka penyidik diminta melimpahkan barang bukti beserta tersangka ke Kejaksaan untuk dibawa ke Pengadilan.

“Secepatnya akan kita sidangkan,” pungkas Dimaz.

Untuk diketahui, Ratih Retnowati adalah anggota DPRD Surabaya dua periode yakni 2014-2019 dan 2019-2024, dia dtetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dana jasmas berdasarkan alat bukti dan saksi-saksi dari perkara Agus Setiawan Tjong, Pelaksana Proyek sekaligus kordinator jasmas yang telah di vonis 6 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Tipikor.ydh

Berbagi Info
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *