Connect with us

Headline

Hina Walikota Risma, Akun FB ‘Zikria Dzatil’ Dilaporkan Polisi

Published

on

POJOKJATIM.NET, SURABAYA – Setelah sempat viral di media sosial Facebook (FB) status yang diunggah oleh akium Zikria Dzatil membuat warga yang mengatasnamakan Forum Arek Suroboyo Wani melaporkan ke Polrestabes Surabaya, Jumat (24/1/2020) siang. Dari laporan yang diterima langsung oleh Kasat Reskrim Polrestabes, Sudamiran ini, para perwakilan menyampaikan bahwa akun yang menulis status beserta foto Wali Kota Surabaya, Tri Risma Harini ini diduga termasuk ujaran kebencian. 

Forum Arek Suroboyo Wani saat melaporkan ke Polrestabes Surabaya

“Kami rasa ini tidaklah baik karena postingan yang dilakukan oleh Zikria Dzatil diduga mengarah keujaran kebencian. Maka dari itu kami menggelar aksi dan melaporkannya ke Polrestabes Surabaya supaya ditindak lebih lanjut,” Koordinator Forum Arek Suroboyo Wani, Widodo.

Seperti yang beredar di sosial media Facebook, berawal dari hujan deras disertai petir melanda Kota Surabaya, Rabu (15/1) sore lalu. Hujan yang turun selama kurang lebih satu jam sempat membuat 32 titik wilayah Surabaya banjir. Namun air cepat surut tak lebih dari 3 jam. Peristiwa banjir di Surabaya kemudian menjadi sorotan oleh berbagai kalangan, mulai dari warga dan tokoh publik di Surabaya hingga masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. 

postingan lain yang di upload melalui akun Zikria Dzatil

Namun ditengah-tengah respon dari masyarakat tersebut, kami sangat menyayangkan adanya perilaku yang tidak terpuji dari beberapa oknum yang merendahkan martabat dan harga diri Pemimpin Kota Surabaya Ibu Tri Rismaharini. FASW mendapati adanya dugaan penghinaan yang dilakukan terhadap Walikota Surabaya dari akun facebook Zikria Dzatil, Farel Grunch.

Pada tanggal 16 Januari 2020 Pukul 18.59 Wib Akun atas Nama “Zikria Dzatil” Mengunggah Foto   Ibu Tri Rismaharini di media sosial Facebook dengan keterangan yang bertuliskan : “Anjirr…Asli Ngakak Abiss.. Nemu Nii Foto Sang Legendaris Kodok Betina”.

Sontak hal tersebut di respon banyak warganet dengan berbagai macam komentar kecaman di media sosial terutama warga Surabaya.

Selain itu, selang beberapa waktu pada tanggal 22 Januari 2020 Pada Pukul 19.51 WIB, kami menemukan kembali unggahan lain yang merendahkan martabat Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang di gambarkan seolah-olah jadi calon TKW yang lagi di Training, akun tersebut atas nama “Farel Grunch” Dengan caption bertuliskan: “Calon TKW lagi Di Training mau dikirim ke arab saudi”.

Unggahan-unggahan tersebut tentu tidak bijaksana dan melukai perasaan warga Surabaya secara umum dan khususnya Ibu Tri Rismaharini secara personal. Padahal menurut warga Surabaya Mak Risma telah berupaya melakukan berbagai cara dalam mengatasi banjir di Kota Surabaya.

“Kami sangat menyayangkan bahwa isu banjir telah menjadi isu politis untuk saling menjatuhkan satu sama lain, baik di Jakarta maupun di Surabaya. Hal ini tidak mencerminkan watak demokrasi yang sehat,” lanjutnya.

Sebagai dukungan moral terhadap Walikota Surabaya Ibu Tri Rismaharini, hari ini Forum Arek Suroboyo Wani yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat Kota Surabaya melakukan aksi damai di sekitaran Jembatan Merah Surabaya dan dilanjutkan dengan membuat Laporan Perkara terhadap akun facebook Zikria Dzatil dan Farel Grunch ke Polrestabes Surabaya.

Selain sebagai dukungan moral untuk Ibu Tri Rismaharini, aksi ini juga dimaksudkan sebagai upaya untuk merawat atmosfer demokrasi yang sehat dan cerdas dengan tidak menyalahgunakan aktivitas media sosial.

Sementara Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Sudamiran menjelaskan, tanggal 21 Wali Kota Surabaya sendiri sudah melakukan pelaporan. Kabag Hukum Pemerintah Kota Surabaya ini melaporkan adanya dugaan kasus ujaran kebencian. Sehingga, laporan yang disampaikan oleh FASW ini juga sudah didalami.

“Perwakilan dari Ibu Risma Wali Kota Surabaya juga sudah diterima dan sampai saat ini masih pendalaman dan tahap penyelidikan. Sebab saat ini akun yang dilaporkan tersebut sudah tidak aktif lagi,” tandasnya.(Ahm)

Berbagi Info