Connect with us

Headline

KEINDAHAN WISATA AIR TERJUN “COBAN DANYANG”

Published

on

Pasuruan – Desa Tempuran,Kecamatan Pasrepan,Kabupaten Pasuruan ternyata menimpan daya tarik Pariwisata air yang mempesona.Coban Danyang yang terletak di Dusun Tuyowono, Desa Tempuran,yang tepatnya berada diketinggian 588 meter di atas permukaan laut.

Coban Danyang sangat berbeda dengan air terjun coban yang lainnya,meskipun musim kemarau air Coban Danyang terus mengalir deras sehingga cocok untuk di kunjungi wisatawan.

Para wisatawan tak akan kerepotan untuk sampai ke coban atau air terjun Danyang, letaknya hanya 50 meter di belakang Desa Tempuran,atau kurang lebih 5 KM dari Kecamatan Paserepan.Bisa dijangkau oleh kendaraan apapun,baik roda empat maupun roda dua. Jalan menuju coban pun sangat gampang,apalagi untuk menemukannya,cukup bertanya kepada staf Desa Tempuran pasti akan ada petugas yang mengantarkannya.

Sementara itu, Kepala Desa Tempuran Asirin mengatakan pada hari Sabtu (20/7/19), keberadaan Coban Danyang di kawasan tersebut menyimpan mistis, Menurutnya,ada beberapa cerita di balik keindahan Coban Danyang.Salah satunya,dari nama Coban Danyang itu sendiri yakni Danyang. Warga setempat kerap menyebut ,aliran sungai yang membelah bukit di desa itu,disebut “Kali Padanyangan”

“Ceritanya, ada dua danyang. Yakni, Mbok Rondo Dewi Dan Mbok Rondo Kepor. Namun tidak hanya disini saja yang punya cerita. Semua tempat pasti ada ceritanya,”unkapnya.

Ditambah kan Asirin ,cerita itu hanya menjadi pembatas sejarah masa lalu dan masa kini.Coban Danyang pun mulai banyak dinikmati dan diminati para pengunjung.Bukan hanya warga sekitar,melainkan juga Wisatawan dari luar kota.Oleh karena itu,untuk semakin banyak diminati wisatawan,jalan menuju Coban Danyang tersebut juga telah ditanami puluhan pohon durian yag telah berbuah beberapa kali,sehingga dijadikan kawasan petik buah durian plus jalan-jalan ke Coban Danyang.

“Sudah sering berbuah pohon duriannya,kalau dulu ksbunnya milik warga surabaya dan sekarang sudah saya beli dan saya tanami pohon durian.Jadi wisatawan sembari menikmati indahnya coban danyang juga bisa makan buah durian,”beber Asirin kepada media Pojok Jatim.net.(A/doel).

Berbagi Info

Copyright © 2017 Pojok Jatim.