Connect with us

Headline

Kirab Sawunggaling Meriah, Tokoh Surabaya Ingatkan Generasi Millenial

Published

on

POJOKJATIM.NET, Surabaya– Di tengah pembangunan fisik gedung-gedung bertingkat dan massifnya pengerjaan infrastruktur lain di kota Surabaya, ternyata masih ada kearifan lokal yang muncul di kota Pahlawan ini. Buktinya, ratusan warga di Surabaya barat masih memegang kuat adat budaya dengan menggelar Kirab Sawunggaling di Lidah Wetan, Surabaya, Minggu (13/10/2019).

Tak hanya warga dan tokoh masyarakat setempat yang hadir, tapi sejumlah publik fugur di Surabaya juga turut meramaikan. Tampak di lokasi mantan Ketua DPRD Kota Surabaya yang kini menjadi anggota DPRD Jatim 2019-2024, Armuji. Dengan menenakan blangkon khas Jawa, Armuji berbaur dengan masyarakat.

Selain Armuji, ada juga Wakil Sekretaris Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jatim, Hadrean Renanda dan Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya, Mujiaman. Keduanya kompak mengenakan baju putih bersih.

Sejak pukul 06.00 WIB, ratusan warga dengan kostum dan riasan meriah telah memadati Pendopo Sawunggaling di Lidah Wetan Gang III. Mereka antusias menyaksikan teatrikal Sawunggaling, sebelum kemudian dilepas bersama untuk kirab mengitari jalanan kampung di kampung-kampung yang berdekatan dengan perumahan elit Citraland itu.

Pada acara kirab ini, warga unjuk kebolehan dengan berbagai pernak-pernik menarik. Ada yang membawa tumpeng raksasa berisi hasil bumi dan jajanan pasar. Ada juga warga yang berkostum horror seperti pakaian pocong, joker, hingga buto ijo.

Selain Armuji, figur lain seperti Hadrean dan Mujiaman juga ikut memotong tali tanda dimulainya kirab Sawunggaling 2019. Mereka turut mengantarkan Joko Berek dan ayam jago kesayangan pergi mencari ayahnya, Adipati Jayengrana. “Ini merupakan suatu budaya, suatu tradisi, peninggalan nenek moyang kita. Ini patut kita lestarikan,” tandas Armuji di sela-sela acara Kirab Budaya ini.

Menurutnya, Surabaya barat merupakan wilayah yang masih banyak melestarikan budaya nenek moyang. Bentuknya macam-macam mulai dari sedekah bumi, tegal desa, dan lain-lain. “Generasi milenial, generasi zaman now harus tau. Lidah Wetan ini cikal bakalnya Surabaya. Sawungggaling ini arek Suroboyo asli,” ungkap politikus PDIP yang mendaftar sebagai bakal calon wakil walikota Surabaya pada Pilwali 2020 nanti.

Berbagi Info
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *