Connect with us

Headline

KPK Sebut Tersangka Korupsi Bupati Saiful Ilah Bisa Bertambah, Bikin Pejabat dan Kontraktor Degdegan

Published

on

POJOKJATIM.NET- Sepekan setelah penangkapan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa atau proyek infrastruktur Kabupaten Sidoarjo. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyatakan tersangka kasus yang melibatkan Abah Ipul, panggilan Bupati Saiful, bisa saja bertambah.

“Kalau memang ditemukan ada keterlibatan pihak-pihak lain, maka bisa dilakukan pengembangan dengan menetapkan tersangka lainnya,” kata Ghufron di Auditorium kampus Universitas Jember (15/1/2020).

Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah ditahan KPK

Dijelaskan, setelah OTT terhadap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah pada Selasa (7/1/2020), KPK sudah menahan 6 tersangka. Keenam orang tersangka yakni, sebagai penerima Saiful Ilah, Bupati Sidoarjo 2010-2015 dan 2016-2021; Sunarti Setyaningsih, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo; Judi Tetrahastoto, Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo dan Sanadjihitu Sangadji, Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan. Sementara sebagai pemberi yakni Ibnu Ghopur, swasta dan Totok Sumedi, swasta.

“Kami juga sudah melakukan penggeledahan dan dilakukan penyitaan, serta ditemukan sejumlah uang kalau tidak salah sekitar 64 ribu dolar Amerika Serikat, 35 ribu dolar Singapura, dan ada uang rupiah sekitar Rp6,5 miliar totalnya,” tuturnya, dilansir Antara.

Selain itu, lanjut dia, penyidik KPK juga sudah menyita beberapa dokumen yang dibutuhkan dalam kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa tersebut setelah dilakukan penggeledahan di beberapa tempat.Dalam operasi tangkap tangan (OTT) itu, KPK menyita uang senilai Rp1.813.300.000. Saiful Ilah diduga menerima suap senilai total Rp550.000.000 dari pihak swasta terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo.

Menariknya, sebuah karangan bunga bentuk dukungan atas penindakan hukum komisi antirasuah terpajang di Gedung Merah Putih KPK. Karangan bunga warna-warni ukuran 1,2 meter x 2 meter, terpajang di sisi kanan dekat area masuk pejalan kaki. Karangan bunga itu bertuliskan Terima Kasih KPK. Turut berbahagia atas OTT Bupati Sidoarjo Jatim. Di bagian bawah karangan bunga, tertulis pengirimnya atas nama Warga RT 12 dan RT 13 Kelurahan Ketegan, Kecamatan Taman, Sidoarjo yang terdampak pembangunan rumah duka. (atr)

Berbagi Info