Connect with us

Headline

Laporan Sudah Dicabut, Nasib Netizen Penghina Wali Kota Risma Masih Tak Jelas

Published

on

POJOKJATIM.NET- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah memaafkan Zikria Dzatil, yang disangka telah menghinanya melalui postingan aku Facebooknya. Bahkan, walikota dua periode ini telah mencabut laporannya ke Polrestabes Surabaya. Namun nasib ibu rumah tangga asal Bogor, Jawa Barat itu, masih tidak jelas. Apakah kasusnya tetap dilanjut ataukah tersangka Zikri dibebaskan. Hasil gelar perkara yang digelar Polrestabes Surabaya bersama Polda Jatim, tak diungkp secara gamblang. Ada apa?

Wali Kota Tri Rismaharini dan Zikria Dzatil

Gelar perkara kasus Zikria digelar di sebuah ruangan Gedung Ditreskrimsus Mapolda Jatim dimulai pada Selasa (11/2/2020) kemarin, dimulai pukul 13.00 WIB dan selesai sekitar pukul 17.00 WIB. Selama kurun waktu empat jam itu, pihak Satreskrim Polrestabes Surabaya dimintai memaparkan proses penyidikan kasus tersebut oleh pihak Polda Jatim. Pemaparan disampaikan langsung kepada Irwasda, Bidang Propam, Bidang Hukum Polda Jatim, pengawas penyidik, pembina fungsi teknis bidang hukum dan sejumlah pakar hukum.

Lantas, apa hasil gelar perkara ini? Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko hanya mengatakan, ada dua hal yang dibahas pihaknya dalam gelar perkara pencabutan laporan terhadap Zikria. Dua hal itu yakni masalah penghinaan dan Undang-Undang ITE. Kendati tidak merinci, Truno menerangkan ada rekomendasi yang telah dihasilkan dari proses gelar perkara tersebut.

“Hasilnya tentunya kembali lagi kepada otoritas kewenangan penyidik. Nanti kita tunggu hasil yang sudah kita tentukan di hasil gelar perkara itu kan ada beberapa rekomendasi dan lain-lain itu nanti otoritas yang kita kembalikan kepada penyidik Polrestabes Surabaya,” kata Truno.

Sedang Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran juga enggan menyampaikan hasil gelar perkara. Ia beralasan hasil gelar perkara masih akan dilaporkan kepada pimpinannya sebelum diungkap ke publik. Menurutnya, proses penyidikan yang dilakukan oleh pihaknya sudah dianggap benar. “Kita sudah sesuai tahapan yang benar. Nanti akan kita tindaklanjuti. Ini kan resmi hasil ini belum kita laporkan pada pimpinan. Intinya salah satu poin proses tahapan penyidikan yang dilakukan penyidik Satreskrim Polrestabes Surabaya sudah melalui tahapan yang benar,” terang Sudamiran.

Mengenai nasib status Zikria Dzatil pasca pencabutan laporan oleh Walikota Tri Rismaharini, apakah bebas atau tetap menjalani hukuman, Sudamiran tak menjawab tegas. “Kami tindak lanjutin ya, ini kan apa resmi hasil ini, kan kami belum kita laporkan kepada pimpinan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang netizen mengunggah foto Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bernada hinaan sehingga menimbulkan keresahan terhadap wali kota maupun warga Surabaya. Polisi telah memproses kasus ini dan menangkap Zikria Dzatil. Sementara Risma telah memaafkan penghinanya dan mencabut laporan ke polisi. (jm)

Berbagi Info