Connect with us

Mataraman

Malam Tirakatan Menyambut HUT RI Ke 73, Warga Perum Tiara Candi 2 Tanamkan Jiwa Kerukunan Bersama

Published

on

Warga saat ikuti acara Tirakatan

Pasuruan – Sebelum puncak HUT Kemerdekaan RI ke 73, seperti tahun-tahun sebelumnya warga perumahan Tiara Candi 2 yang masuk wilayah Desa Sekar Gadung, Kec .Purworejo, Kota Pasuruan. menggelar acara tasyakuran atau yang biasa disebut oleh warga sekitar dengan Tirakatan.

Tirakatan itu sendiri digelar pada malam sebelum tanggal 17 Agustus, adapun tujuan dari ritual Tirakatan tersebut hanya sebagai rasa syukur oleh masyarakat atas perjuangan para pahlawan bangsa yang rela mengorbankan nyawanya demi meraih Kemerdekaan dari penjajahan Belanda jaman itu.

“Marilah kita bersama-sama mendoakan para pejuang bangsa yang dengan bersusah payah merebut kemerdekaan seperti yang sedang kita nikmati ini”,Ujar Mohammad Ekshan Tokoh Masyarakat, Kamis (15/8/2018).

Selain itu, pihaknya juga berpendapat kegiatan ini merupakan penerapan nilai-nilai gotong royong dan kerukunan untuk warga, sajian dan berbagai kue serta makanan yang tersedia juga berasal dari partisipasi warga demi menyambut malam Tirakatan ini.

“Semua dari warga yang dengan rela hati menyiapkan untuk dinikmati bersama demi menyambut hari kemerdekaan bangsa”,Tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Arif Handoko selaku Ketua Paguyuban Kerukunan Warga Perumahan Tiara Candi 2, yang mana pihaknya berpendapat bahwa kegiatan Tirakatan ini adalah tradisi yang diharapkan dapat dilakukan oleh para generasi penerus untuk bisa menghargai perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Banyak hikmah yang bisa kita ambil dari kegiatan Tirakatan ini, selain untuk mempererat tali silaturrahmi, Tirakatan ini memiliki nilai luhur sebagai rasa syukur terhadap Tuhan YME”,Terangnya.

Yang unik dari Tirakatan ini warga diminta untuk bernyanyi bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh tokoh agama setempat, Masih menurut Arif Handoko, Paham Individualisme seakan menggerus nilai kemasyarakatan, sehingga dikhawatirkan akan melupakan nilai kerukunan antar tetangga maupun antar warga satu sama lain.

“Dengan malam Tirakatan ini diharapkan bakal menggilas paham individualisme yang seakan sirna karena dampak negatif dari kecanggihan tekhnologi”,Paparnya.

Sebelum acara Tirakatan usai, warga bisa bersosial dan bercengkrama sambil menikmati makanan yang sudah disediakan oleh warga itu sendiri.
Sementara itu menurut Haryono selaku Koordinator Keamanan Perumahan Tiara Candi 2, pihaknya sangat senang dengan diadakannya acara Tirakatan dilingkungannya, karena pihaknya berpendapat dengan mempererat tali silaturrahmi antar warga dapat menanamkan jiwa persatuan dan kesatuan untuk bersama menjaga keamanan lingkungan.

“Tirakatan seperti ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dalam menjaga lingkungan ini untuk tetap aman dan nyaman”,Pungkasnya. (Aa).

Berbagi Info