Connect with us

Headline

Penghina Wali Kota Surabaya Dibekuk

Published

on

POJOKJATIM. NET, SURABAYA – Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasil menangkap pemilik akun Facebook Zikria Dzatil, yang melakukan dugaan ujaran kebencian atau penghinaan terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma).

Kabar penangkapan tersebut dibenarkan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran, jika pelaku sudah diamankan dan kini tengah diperiksa intensif.

“Iya benar, sudah kita amankan yang bersangkutan. Saat ini masih dalam proses pemeriksaan. Mohon waktu. Nanti akan dirilis Pak Kapolrestabes,” jelasnya, Sabtu (1/2).

Kasat reskrim Polrestabes Surabaya saat pers reales

Saat ditanya identitas pelakunya, Sudamiran masih enggan menjelaskan. Dia hanya mengatakan bahwa pelaku awalnya terlacak di salah satu tempat di luar Surabaya. “Terdeteksi di Jawa Barat. Sementara itu dulu ya,” katanya.

Sebelumnya, untuk mengungkap unsur pidana pada postingan akun tersebut, Satreskrim Polrestabes Surabaya memeriksa sejumlah saksi, termasuk saksi ahli bahasa, pidana hingga ahli informasi dan transaksi elektronik (ITE).

Akun Facebook Zikria Dzatil sendiri dilaporkan Pemkot Surabaya ke Polrestabes Surabaya pada 21 Januari 2020, setelah mendapat desakan dari sejumlah pihak maupun masyarakat.

Akun tersebut dilaporkan setelah mengupload foto Wali Kota Risma di laman Facebooknya dengan menuliskan caption atau keterangan foto, yang berisi dugaan ujaran kebencian atau penghinaan terhadap Wali Kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu.

Tuntutan agar akun itu dilaporkan juga dilakukan warga Surabaya dengan menggelar aksi damai, baik di depan Mapolrestabes Surabaya maupun depan Balai Kota Surabaya.(Ahm)

Berbagi Info