Connect with us

Tapal Kuda

Warga Antusias Ikuti Pelatihan Membatik Khas Lekok Bermotif Skilot

Published

on

Pasuruan-Salah satu agenda besar Program Desa Melangakah 2019 adalah pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat desa.Khusus Di Kecamatan Lekok,Kabupaten Pasuruan,warga setempat mendapatkan pelatihan membatik.

Sebanyak 20 warga yang tinggal dilingkungan Kecamatan Lekok berkumpul di pendopo Kecamatan Lekok.Kamis(4/7/19),mereka mengikuti pelatihan membatik didampingi oleh ahli pembatik putra daerah pasuruan sendiri Ferry yang biasa dipanggil Ki Joyo.

Ki Joyo Mengatakan,dalam pelatihan membatik ini untuk yang diajarkan masih sederhana,.”Biar tangan mereka terbiasa dulu,biar luwes dan mengikuti motif Skelot Khas Lekok ini,”ujar ki joyo.

“Motif batik skilot sendiri,diambil dari ski yang merupwkan salah satu budaya dan olah raga tradisional masyarakat nelayan yang tinggal didaerah pesisir pantai utara kabupaten pasuruan yang menghadap ke selat madura,tepatnya didaerah Lekok,”tutur Ki joyo.

Camat M.Nurkholis mengatakan,”Kecamatan Lekok menerapkan program pengembangan masyarakat dalam upaya membantu mengentas kan masyarakat dari kemiskinan dn meningkatkan kualitas hidup dengan memberikan pelatihan teknikal dari ahlinya.

“Melalui program batik ini,para ibu rumah tangga yang tinggal dikecamatan lekok memiliki kwsempatan untuk memperoleh tambahan pendapatan dengan membuat batik,”tutur Nurkholis, saat dikonfirmasi Pojok Jatim.net.

Lekok potensi ekonomi yang ada terkait nelayan, jika melaut memang memberikan hasil dan manfaat cukup.Terlebih lagi terkait peningkatan ekonomi,”Namun jika tidak melaut suaminya,susah mencari penghasilan.Tetapi semisal melaut,juga akan menambah ekonominya.Apalagi Lekok ini juga belum ada batik lokalnya,maka kita pilih untuk dikembamgkan,agar sama dengan Kecamatan yang lainnya,”ungkapnya.(A/di).

Berbagi Info

Copyright © 2017 Pojok Jatim.